Sunday, April 17, 2016

tour de Central Java (4/5)


... ...  Penumpang di bis medium ini penuh banget. Kami bertiga masuk melalui pintu belakang diawali oleh Nanda, disusul oleh Niar, kemudian aku. Nanda berdiri di lorong bis, Niar berdiri di belakang Nanda, di tangga, sedangkan aku “gandolan” di pinggir pintu. Dengan posisi di pinggir pintu ini, memungkinkan aku untuk niruin adegan Pevita Pierce saat menyambut pagi di pintu kereta ekonomi Matarmaja di film 5cm. Ngerasain terpaan angin yang membelai wajah, nikmatin segernya udara pagi Solo. Nanda dan Niar cuman ketawa aja ngeliat kelakuan aku.

Sepanjang perjalanan yang lumayan jauh ini, kita ketawa-ketawa ajah, masih sempet-sempetnya ngobrol sambil desek-desekan di bis yang penuh banget kayak gini.

Akhirnya nyampe juga di Terminal Tirtonadi, sempet ketawa-ketawa karena aku nyeritain gimana kejadian hari kemaren nungguin dijemput Nanda di terminal ini. Sampe bisa ditinggal mandi sama ngelilingin komplek terminal. Hahaha. Kami bertiga jalan menuju pemberangkatan bis arah Jogjakarta, tepat pas kami nyampe sana, dateng Sumber Kencono AC Tarif Biasa (ATB). Langsung aja kami samber. Nanda naik terlebih dahulu, entah kenapa ni anak pasti naiknya duluan, dari kemaren pas di Wonogiri juga pasti duluan kalo naik bis, hahaha. Nanda naik sambil nanya ke kondektur apakah bener ini bis arah Jogja, kru bis mengiyakan. Kupersilahkan Niar naik duluan walaupun posisiku sebenernya ada di belakang Nanda. Baru aku terakhir naik.

Sumber Kencono dengan pangkat ATB ini tampil tidak terlalu kusam, masih cukup bagus lah, ntah baju apa yang digunakan, aku lupa ngelihat detailnya tadi, yang jelas, Sumber Kencono ini pake mesin depan, sempet aku lihat tadi pas naik. Overall, interiornya masih cukup layak, AC juga masih berasa dingin. cuman sayang, legenda Sumber Group yang selalu ngeblong tidak aku temui pagi ini di Sumber Kencono ini.


Kondisi penumpang gak terlalu rame, kami masih bisa dapetin tiga seat kosong sebelah kanan di bagian tengah bis. Dan acara ngobrol ketawa-ketawa kami pun berlanjut. Bahkan Niar yang baru masuk ke grup pun gak canggung buat ikutan join ketawa. Dia bisa langsung akrab dengan aku sebagai pendatang baru di dunianya, hehe. Oh iya, pas di dalem bis ini, Niar terus-terusan ditelpon Mamanya, tapi Niar gak mau angkat, ngediemin aja Redmi-nya yang terus-terusan bunyi.

Iku loh Mama telpon.” (Itu loh Mama telfon).
Wis ben to, ngko wae tak sms.” (Udah biarin ajah, ntar aja aku sms).
Loh, mau ra ijin Mama toh? Kok digolek’i?” (Emang tadi gak izin Mama yah? Kok sampe dicariin?).
Ijin kok, tapi ra ngomong kate dolan neng ngendi-ne.” (Izin kok, tapi nggak bilang mau main ke mananya).

Hahaha, yampun, si Niar parah emang. Kayaknya emaknya nyariin anak gadisnya yang udah ngilang aja sepagi ini. Hehehe. Tapi seprtinya urusan ijin-ijin ini udah beres, keliahatan si Niar kembali enjoy nikmatin trip kali ini, hp-nya pun berenti bunyi, hehe.

Buat aku dan Niar, trip ke Prambanan ini adalah yang perdana, pertama kalinya. Yampun padahal Niar cuman tinggal lompat aja loh ibaratnya ke Prambanan dari rumahnya, tapi malah belom pernah, hahaha. Sedangkan Nanda, bilangnya udah pernah, mayan ada tour guide lagi, hehe.

Bis terus melaju melewati Kartosuro, Dlangu dan Karangwuni menuju Klaten. Kami masih aja sibuk bercanda-bercana. Di trip kali ini aku ngerasa nyaman banget, bisa ngobrol bebas pake Bahasa Jawa, berasa lagi di tanah sendiri, hehe. Gak kayak trip ke Jepara sebelumnya, ngobrolnya pake Bahasa Indonesia karena temen seperjalanan gak bisa Bahasa Jawa. Trip kali ini bebas jowoan, hehe. Tiga orang anak manusia yang dateng dari tiga daerah yang berbeda juga. Aku dari Banyuwangi, Nanda dari Tuban dan Niar dari Solo, disatukan oleh sebuah trip ke Jogjakarta dengan bahasa Jawa sebagai bahasa persahabatan, bahasa pemersatu.

Delok’en lho, omah-omah sik podo tutupan, toko-toko yo podo rung buka, lha aku yahmene wis ning njero bis arep ning Jogja i loh, kurang rajin yopo aku ngene iki.” (Liat, rumah-rumah masih pada ditutup, toko-toko juga masih belom pada buka, sedangkan aku jam segini udah ada di dalam bis mau ke Jogja, kurang rajin gimana aku ini).

Nanda masih saja sesumbar akan prestasinya bisa bangun sepagi ini di hari Minggu. Aku sama Niar cuman bisa ketawa-ketawa aja ngeliat polahnya. Hehe. Tapi tetep aja, lama kelamaan, Nanda ngantuk juga, nguap-nguap, tapi aku gangguin terus biar gak tidur dianya. Kusodorkan sebatang permen Kopiko padanya, diambilnya satu. Kutawarkan juga ke Niar, tapi dia gamau, lagi batuk katanya.

Bis ngelewatin Prambanan, tapi kami gak turun di sini, kami ntar turun di Terminal Giwangan, Jogja, terus nanti balik lagi arah Prambanan, biar bisa ngerasain naik Trans Jogja, hehe. Maklum, kami bertiga belom pernah naik moda transportasi itu.

Akhirnya, nyampe juga kami di Giwangan, turun di tempat penurunan penumpang, Niar dan Aku mampir dulu ke Toilet, sekaligus nanya ke Bapak yang jagain toilet di mana letak armada Trans Jogja parkir. Berbekal arahan dari Bapak tadi, kita pun menuju parkiran Trans Jogja, bayar peron terminal, langsung masuk ke halte Trans Jogja. Beli tiga tiket, sayang tidak ada bukti bayar untuk transaksi ini.


Dengan Trans Jogja, maka cukup sekali bayar, kita bebas keliling Jogja naik armada kode apapun, oper di manapun tidak perlu bayar lagi, selama gak ninggalin halte tentunya. Dari Terminal Giwangan ini, kami naik armada 3B, trus transit di Bandara Adi Sucipto, oper dengan armada 1A langsung turun Prambanan. Asyik juga naik Trans Jogja ini, namun sayang, kondisi armadanya sepertinya sudah harus diremajakan. Nah, pas naik 1A dari Bandara, aku bisa duduk di seat paling depan, deket sama Driver.


Lho Mas, ne’ wingi karo mau isuk kowe mung iso ngerasakne dadi kernet, saiki cita-citamu dadi supir bis wis cedak Mas, iso lungguh sebelahe supire, hehe.” (Tuh Mas, kalo kemaren sama tadi pagi kamu cuman bisa ngerasain jadi kenek, sekarang cita-citamu jadi supir bis udah hampir kesampean tuh, bisa duduk persis di sebelah supirnya, hehe).

Hahaha, Niar bisa aja. Sebelumnya pas di Sumber Kencono tadi, aku emang certain ke Nanda dan Niar tentang cita-citaku di waktu kecil dulu, pengen jadi supir bis, hahaha. Cerita tentang cita-cita kecilku itu juga pernah aku post di blog ini loh.

---

Sik ya, aku tak njupuk tiketku sik, wis dibayar kok, kari mek njupuk tok.” (Bentar yah, aku mau ambil tiketku dulu, udah dibayar kok tinggal ambil doang).

Kukatakan itu sesampainya kami di halte Prambanan setelah turun dari Trans Jogja. Aku mau ambil tiket pulangku dulu. Tadi pihak agen udah aku telfon pas di halte Bandara. Pihak agen menyetujui, sekalian juga kutanyakan lokasi agennya. Pihak agen pun memberikan penjelasan mengenai detail lokasinya.

Kami bertiga pun berjalan menuju arah timur halte trans Jogja, nyari agen buat aku ngambil tiket.

Ndi Bro, agen’e?” (Mana Bro, agennya?).
Mau jare wong agen’e, pokok’e ndik ngarepe onok wit beringine loro.” (Tadi kata orang agennya, pokoknya depannya ada pohon beringinnya dua).
Lha iku ono wit beringin, tapi mung siji, kok gak ono kantor agen’e ya?” (Lha itu dia ada pohon beringin, tapi cuman satu, kok gak ada kantor agennya yah?).
Iko ono wit loro, tapi cemara, uduk beringin.” (Itu di sana ada pohon dua, tapi cemara, bukan beringin).
Eh sik-sik, iyo dink, mau wonge yo ngomonge cemoro dink, uduk beringin, lali aku.” (Eh, bentar-bentar, iya dink, tadi orangnya bilangnya cemara dink, bukan beringin, lupa aku.”

Kontan saja Nanda dan Niar ngetawain aku, sumpah mereka ketawa puas banget, sambil kesel juga sih kayaknya, wkwkwkw,, sorry guys, lha lupa kok.

Oke sip, tiket pulang dengan Haryanto udah di tangan. Untuk kode bis, di tiketnya ditulis HM 141. Langsung aja aku search biar tau armadanya, ternyata dapet Star Queen. Mantap. Terkabul juga bisa ngerasain Zeppelin.


---

Kami sepakat untuk sarapan dulu sebelum masuk ke kawasan Candi Prambanan. Sop ayam Pak Min depan Prambanan menjadi pilihan kami. Nanda pesen paha dan segelas es teh, Niar pesen daging sama Teh Panas, sedangkan aku pesen dada dengan minuman yang sama kayak Nanda. Makan bertiga sambil ngobrol lagi, sumpah sepertinya bahan obrolan kami gak ada habis-habisnya. Hehe.

Pas lagi makan ini, ada kejadian perampokan loh. Karena es teh di gelasnya udah abis, cuman nyisain bongkahan es batunya aja, Nanda ngerampok teh panas Niar dan menunangkan setengah dari isinya ke gelasnya, haha. Mbok ya pesen lagi aja, Nda. Niar yang tau teh di gelasnya dirampok setengahnya, cuman bisa pasrah. Hehe.

Udah beres makan, aku sama Nanda berdiri, tapi Niar masih duduk di tempatnya, tenyata dia mau minum obat dulu katanya, oh iya di bis tadi dia kan bilang kalo lagi batuk, gak nerima tawaran permen, dan sekarang minumnya juga bukan es. Btw, tapi kok aku kayak gak liat dia batuk-batuk yah dari tadi, hehe.

---

Masuk kawasan Prambanan, kami berunding mau ambil paket wisata yang mana, mau cuman ke Prambanan, atau Prambanan plus Ratu Boko, atau Prambanan plus Kalasan sama plus mana lagi gitu aku lupa. Kalau cuman Prambanan doank, kita dikenain tiket 30.000, sedangkat untuk paket yang plus Ratu Boko, harganya 50.000, kalau yang untuk Kalasan aku gak tau, lupa detailnya. Kita rundingan bentar, padahal sebenernya kita udah bahas ini sebelumnya kalau kita mau sekalian ke Ratu Boko. Akhirnya Nanda pun beli tiga tiket untuk paket wisata Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko, pake uang dia dan Niar, aku jadi gak enak sumpah, aku yang punya hajat kok jadi mereka yang kudu keluar duit. Tujuan pertama dari paket wisata ini adalah Keraton Ratu Boko.


Kami diarahkan untuk menuju armada yang akan membawa kami menuju Keraton Ratu Boko. Ada tiga type armada yang melayani tiap lima belas menit. Ada Toyota HiAce, Isuzu Elf Medium, ada juga Isuzu Elf long chasis. Untuk keberangkatan ini, kita kebagian Elf long chasis. Niar duduk di belakang, biar bisa bareng sama cewek-cewek di rombongan yang lain kata kru-nya, sedangkan aku sama Nanda kebagian duduk di depan, karena tinggal seat itu yang kosong. Perjalanan dari Candi Prambanan ke komplek Keraton Ratu Boko tidak terlalu jauh, cuman berjarak tiga kilometer, kata drivernya itu juga.


Sampai di kawasan Keraton Ratu Boko, cek tiket, terus masuk jalan kaki ke kawasan keraton. Kawasan Keraton Ratu Boko adalah sebuah situs purbakala pada sebuah bukit yang menampilkan tempat berkegiatan atau suatu pemukiman, bukan merupakan bekas candi atau bangunan yang bersifat religius. Ratu Boko sendiri adalah orang tua dari Roro Jonggrang, di mana Roro Jonggrang adalah nama candi utama di komplek Candi Prambanan.


Sumpah, kawasan Keraton Ratu Boko ini luas banget. Mana panas banget lagi, kita foto-foto di sini, narsis-narsis juga. Keren, betapa Indonesia adalah pusat dari segala kebudayaan dahulunya. Ini lho indahnya Indonesia, sekali-kali main lah, kunjungi Indonesia untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Negerimu, Indonesiamu, Indonesiaku, Indonesi kita bersama.


Oh iya, pas kita foto-foto, ada pecakapan lucu antara Nanda dengan Niar. Saat itu Nanda lagi fotoin Niar yang sedang pake Pashmina rawis yang dari tadi diselempangkannya buat nutupin badannya yg sepertinya kepanasan kena terik matahari.

Ojo nganggo kuwi, elek kuwi.” (Jangan pake itu –pashmina-, jelek kalo pake itu).
Niar pun nyingkirin pashmina rawis itu dari badannya. Tapi Nanda masih juga ngomong, Ojo nganggo kowe, elek kowe.” (Jangan pake kamu, jelek kamunya).
Hahaha, Nanda godain Niar, masa mau foto tapi gak pake obyeknya? Tapi tebak apa jawaban Niar?
Mangkane lek moto sing niat, diitungi, ben ra tambah elek.” (Makanya kalau motoin yang niat, pake hitungan, biar gak tambah jelek). Masih dengan suara yang lirih, ya ampun Niar, sabarnyaaa. Hahaha.


Tidak semua tempat di komplek Keraton Ratu Boko ini bisa kami jelajahi, kami terkendala waktu yang mepet. Masih ada Candi Prambanan yang harus kami jelajahi sebelum jam satu atau maksimal setengah dua nanti. Kami pun bergerak keluar meninggalkan komplek Ratu Boko. Menuju tempat penjemputan armada yang akan membawa kami kembali ke Prambanan. Kubiarkan Nanda dan Niar menikmati “their time”-nya di kursi panjang di bawah rindangnya pohon beringin. Nanda dalam posisi tiduran di kursi, sedangkan Niar duduk di deketnya. Aku? Jalan-jalan aja muterin kawasan penjemputan. <bersambung>


No comments:

Post a Comment