Sunday, April 17, 2016

tour de Central Java (1/5)


Kok rasa-rasanya aku kangen naik bis ya? Kok kayaknya aku pengen ngetrip ya? Wah, harus dilampiaskan nih daripada ntar malah jadi jerawat, haha. Tapi, mau ke mana? Mau nyobain armada apa? Kapan?

Buka laptop, kemudian searching-searching rute yang rasanya oke buat trip kali ini, dengan waktu yang hanya Sabtu-Minggu saja, cukup dua hari tanpa harus mengambil cuti. Apa nggak capek nantinya? Yampun, traveler kok mikirin capek, lagian toh juga udah biasa, hehe.

Akhirnya setelah buka blog sana-sini, kuputuskan untuk mengambil rute Cirebon-Kuningan-Bandung-Solo-Wonogiri-Solo-Jogjakarta-Cirebon. Rute yang cukup rumit namun pasti banyak hal baru yang bakal bisa dinikmati di trip kali ini.

Plan-nya adalah berangkat Sabtu pagi dari Cirebon menuju Kuningan pake Elf, disambung dengan berangkat menuju Bandung nyobain armada baru Damri. Malamnya, dari Bandung ke Solo bisa nyobain Budiman atau Rajawali, nyampe di Solo pagi harinya. Nah, dari Solo ke Wonogiri dan sebaliknya pengen nyobain railbus Batara Kresna, dari Solo ke Jogja bisa nyobain armada surabayaan semisal Sumber group atau Mira/Eka. Nah sore harinya dari Jogja Balik ke Cirebonnya bisa nyicipin Rosalia Indah. Ajib, ini pasti bakal jadi perjalanan yang super seru, banyak armada yang bisa dicoba perdana di trip kali ini. Bus Trip, tanpa harus main dan mampir ke mana-mana di tiap kotanya.Kuputuskan waktunya adalah Sabtu-Minggu di tanggal 9-10 April ini.

Masih ada beberapa hari untuk mempersiapkan ini semua. Aku hubungi Nanda, teman gila yang sekarang berstatus sebagai penduduk sementara Solo. Kutanyakan maksimal waktu tempuh untuk jarak Solo-Jogjakarta dengan bis, karena aku butuh hitung-hitungan yang pas tentang waktu tempuh dari satu kota ke kota yang lainnya, setelah sebelumnya aku ceritakan tentang plan tripku kali ini ke dia.

[Nanda], [Reza]

Bukan jawaban yang aku dapatkan, malah sebuah ancaman (tuh kan beneran gila, hehe), “Kowe nang Solo ora nginep nggenanku? Awas ae ngko.” (Kamu mau ke Solo tapi gak pake nginep di tempatku? Awas aja ntar), begitulah nada ancaman yang Nanda lontarkan. Beuuh, plan udah matang gak ada acara nginep-nginepan, ini malah dipaksa harus nginep,  tapi seru juga sih kayaknya. “Oke Nda, tak pikir-pikir disik ae ya, sekalian ngko ning ndi-ning ndi’ne.” (Oke Nda, aku pikir-pikir dulu yah, sama sekalian ntar mau ke mana-ke mananya), jawabku.

Kalau pake acara nginep, pasti gak akan cukup ini kalau cuman ngandelin Sabtu-Minggu, mau ngambil cuti kok ya sayang jatah cutinya. Hehe. Oke, plan harus berubah, berikut juga dengan rutenya. Kususun ulang plan tripku kali ini, kembali berkutat dengan Google mencari referensi yang bisa jadi panduan untuk perjalanan singkat ini, karena singkat maka wajib berkesan.

Kudapatkan plan awal sebagai berikut, disebut plan awal karena nantinya harus aku diskusikan ulang dengan Nanda sebagai tuan rumah, bisa atau enggaknya. Rutenya adalah Cirebon-Solo-Wonogiri-Solo-Jogjakarta-Prambanan-Cirebon. Yah, tripnya menjadi lebih ringkas, harus mengorbankan Damri Kuningan dan juga Rajawali atau Budiman Bandung tentunya karena harus berangkat di Jum’at malam.  Plan-nya adalah berangkat Jum’at malam dari Cirebon menuju Solo dengan Pahala Kencana. Sabtu paginya dari Solo menuju Wonogiri tetap nyobain railbus untuk bolak-baliknya. Minggunya, dari Solo ke Jogja tetap dengan armada surabayaan, nanti dari terminal Giwangan Jogja bisa main ke Candi Prambanan sekalian nyobain Trans Jogja, dari Prambanan bisa langsung cus Cirebon dengan armada Pak Haji, PO. Haryanto.

Jauh lebih simpel karena harus benar-benar mengatur waktu, kusampaikan konfirmasi ke Nanda kalau aku fix jadi nginep di tempat kost-nya, sekalian dengan plan dan rute yang nantinya akan dijalani. Nanda menjanjikan dirinya untuk menjadi seorang tour guide yang baik buat aku selama trip ini nantinya (padahal  kenyataannya lihat saja entar, haha).

Masih ada cukup hari untuk mulai hunting tiket dan googling ke mana-ke mananya. Tiket Pahala Kencana rute Cirebon-Solo dengan mudahnya berhasil aku amankan, seat 1D, Alhamdulillah hotseat masih ada. Langsung telepon agen Haryanto di Prambanan untuk cari tiket Prambanan-Cirebon, yes dapet hotseat lagi, kali ini di 1B. Mantap, pulang-pergi bisa nonton pertunjukan selap-selip pantura ini nantinya. Sedangkan untuk tiket railbus Batara Kresna nggak bisa dibeli dengan cara dipesan, karena tiketnya hanya bisa Go Show, dibeli di hari-H. Oke, persiapan udah kelar, tinggal nunggu hari keberangkatan.


---

Rabu, 11/04/2016, H-2 keberangkatan.

Aku mulai berhitung tentang armada Pahala Kencana yang nanti akan membawaku menaklukkan jarak Cirebon-Solo. Armada apa yang kira-kira bakal aku dapetin ntar. Akan aku coba tungguin malam ini. Kalau sesuai dengan hitung-hitungan, maka armada yang malam ini dipakai nge-line ke Solo, adalah armada yang nantinya akan dipakai di hari Jum’at. Hitung-hitungannya adalah Rabu arah Timur, Kamisnya arah Barat, maka Jum’atnya adalah arah Timur lagi.

Sejak jam setengah delapanan aku udah “njagong” di warung angkringan Mas Jo dekat kantor, pinggir jalan pantura. Pahala Kencana Bandung arah ke Timur selalu lewat di jalur ini sebelum masuk ke gerbang tol Plumbon. Ngobrol ngalor-ngidul­  dengan Mas Jo dan beberapa konsumennya yang bergantian keluar masuk menikmati hidangan sederhana khas angkringan.

Tak terasa, saking asyiknya ngobrol, jam udah sampai di pukul sebelas malem, wah bentar lagi PK dateng nih, karena sesuai dengan jadwal, PK Bandung-Solo sampai di agen Cirebon sekitar jam 23.30. Benar saja, jam sebelas lewat beberapa menit, melajulah dua armada PK dari arah Bandung menuju Timur dengan cepatnya. Ini pasti armada Solo dan Jogjakarta yang memang jam keberangkatannya bersamaan dari Bandung sana. Keduanya adalah saudara kembar, berbaju All New Legacy garapan karoseri Laksana. Entah dengan mesin apa, tebakanku salah satunya pasti menggunakan Hino RG karena kudengar raungan knalpot yang begitu kencang, entah dari armada yang mana. Oke kalau tidak ada rolling atau jadwal perpal, pasti armada ini nanti yang akan aku tunggangi menuju Solo.

---

Sambil menunggu hari-H aku sering diskusi sambil ngobrol-ngobrol dengan Nanda untuk plan ke mana-ke mananya selama di Solo nantinya via WhatsApp, berikut adalah cuplikan-cuplikan obrolan bodoh kita.

Nda, aku kiro-kiro tekan Tirtonadi jam 5 utowo 6 isuk.” (Nda, kira-kira aku ntar nyampe Tirtonadi jam 5 atau 6 pagi).
Yo, ngko telp aku wae, nek aku rung tangi, entenono sik ning terminal karo dolanan gitar.” (Ya, ntar telp aku aja, kalau aku belom bangun, tungguin aja di terminal sambil mainan gitar).

***

Wis budal Bro?” (Udah berangkat Bro?).
Ngko jam 11, saiki sik setriko.” (Ntar jam 11, sekarang masih nyetrika).
Yo ngunu setriko’o kabeh sik, aku gak nduwe setrikoan soale.” (Ya gitu setrika aja dulu semuanya, aku gak punya setrikaan soalnya).

***

Kosanmu wis mbok saponi durung?” (Kosanmu udah kamu sapu-sapuin belom?).
Halah ben ngunu wae Bro, wong sing teko yo gur awakmu ae lho, kecuali nek awakmu teko nggowo cewek loro gae aku kabeh lagi tak saponi kosanku.” (Halah biar gitu aja Bro, orang yang dateng juga cuman kamu doang ini, kecuali kalau kamu datengnya bawa cewek dua buat aku semua gitu baru aku sapu-sapuin kosanku).
“Hahahaaha.”
Ojo sambat yo, kosanku pemukiman kumuh.” (Jangan ngeluh ya ntar, kosanku pemukiman kumuh).

***

Nda, aku ra nggowo kampes karo sikat gigi, ngabot-ngaboti tas, nyilih awakmu ae yo.” (Nda, aku gak bawa celana dalam sama sikat gigi, bikin berat tas aja, ntar pinjem punyamu aja yah).
Siyyyal,, tukuo ning bis biasae ono pedagang melbu, 10ewu entuk telu.” (Sial,, beli di bis aja loh, biasanya ada pedagang masuk jualan, 10ribu dapet tiga).
Eh tapi lek kampes ra cukup sih lek nyilih awakmu, wekku luwih gedhi.” (Eh tapi kalo celana dalam kayaknya gakan cukup deh kalo pinjem kamu, punyaku kan lebih gede”.
Iyo lah tekmu kan merk mammypoko, lek aku gt-man, pantes gedean awakmu.” (Iyalah punyamu kan merk mammypoko, kalau punyaku kan merk gt-man, pantes aja besaran punya kamu).
Gt-man ra enak Nda, enak crocodile, untune nyokot-nyokot yopo ngunu, hahaha.” (Gt-man gak enak, Nda, masih lebih enak merk crocodile, gigi buayanya nggigit-nggigit gimana gitu, hahaha).
Waduh-waduh gawat iki, sik tak golek triplek disik gawe sekat kamar kosku.” (Waduh-waduh bisa gawat ini, aku mau cari triplek dulu buat sekat kamar kos kalo gitu).
“Hahaha.”

***
Yah begitulah beberapa cuplikan obrolan bodoh kami via WhatsApp. Btw, mumpung belum terlalu jauh, aku akan coba kenalin sosok Nanda, paling gak, ada bayangan tentang dia, Hahaha.

Nanda, sosok misterius kelahiran Tuban 29 Januari 1990 ini punya nama panjang (sumpah gak bohong beneran panjang) Ananda Heru Eko Pambudi, biasa dipanggil AHEP untuk menyingkat kerja pita suara, tapi gak sedikit juga yang manggil dia Kampes. Oh iya, masalah panggilan nama, Nanda sering manggil aku dengan panggilan Bro, percayalah itu bukan berarti panggilan keakraban seperti bro-bro pada umumnya, tapi itu lebih ke Brodin, trust me, hehe.


Aku kenal Nanda udah dari 11 tahun yang lalu, dari tahun 2005. Aku dan dia satu kost, tapi syukurnya gak sekamar, padahal kayaknya dia pengen banget sekamar, hahaha. Kami kost di sebuah rumah tanpa ibu kost, jadi berasa kayak kontrakan gitu, kosan kami dijuluki sebagai Markas Buyan karena rumah kost kami ada di jalan Danau Buyan, disebut markas karena sering banyak anak ngumpul di kosan kami, juga karena sebagai tempat nginep buat mereka-mereka yang kost nya udah keburu dikunci karena pulang kemaleman.

Bakat kocak Nanda sepertinya diturunkan dari sang Ayah, hehe, maaf Om. Aku pernah loh melibas jarak Malang-Surabaya bareng Nanda pake ambulance yang disetirin sama Ayahnya, untuk mengejar waktu yang mepet mau praktek kerja industri. Seru, berasa lagi balapan di sirkuit, hehe. Banyak hal-hal lucu yang diperbuat Nanda selama tiga tahun bareng di kosan Malang. Ini perlu diceritakan gak yah? Hahaha.

Nanda, selain kocak, anak ini juga rame. Gampang diajak bercanda lah pokoknya. Tiga tahun serumah bareng Nanda bikin kita udah deket banget, gimana gak deket, wong siang malem bareng terus. Beli makan malem bareng, ntar kalo hari minggu, beli sarapan nasi pecel bareng, kalo pas lagi puasa, kita cari buka juga bareng, bahkan pernah pas sahur bareng pulangnya dikejer-kejer anjing juga pernah, hahaha. Oh iya, pas di kosan dulu, Nanda adalah penemu alat untuk memindahkan channel televise selain remote, pake gagang sapu, praktis katanya bisa sambil tiduran, karena waktu itu tv di kosan memang gak ada remote-nya. Dia berhak mendapatkan tanda jasa atas penemuannya ini. Hahaha.

Masalah cewek? Beuh jangan ditanya, udah banyak korbannya, korban dari khayalannya maksudnya, hahaha. Tapi tanya aja, pasti yang paling berkesan adalah si Kwecew, Hahaha, ampun Nda. Bahkan gak cuman cewek, adik kosan cowok juga pernah jadi korbannya, sebut saja salah satunya berinisial Bekti, hahaha. Ngaku po ra, Nda?

Tapi, terlepas dari itu semua, Nanda adalah partner in crime yang begitu menyenangkan. Enak buat cerita-cerita walaupun kesannya cuek orangnya, kalau ada masalah terus curhat ke dia, rasanya beban hidup jadi lebih berat, loh?? Haha. Trip kali ini bakal jadi trip kedua yang pernah aku jalani bareng Nanda, trip pertama adalah pas waktu ke Gunung Bromo, boncengan pake motor, delapan tahun yang lalu.

Udah ah, kira-kira gitu gambaran tentang Nanda, ini kalau diterus-terusin pasti aku bakal dicoret dari daftar penerima warisan Ayahnya ntar. Loh, kok? Hahaha.

---

Jum’at, 08/04/2016, 21:30

Daripada bosen nunggu di kantor atau di kosan, mending berangkat aja lah ke agen Pahala Kencana, pikirku. Jam keberangkatan menuju Solo masih sekitar dua jam lagi kalau sesuai dengan waktu yang tertulis di tiket. Perjalanan dari kantor menuju agen PK di daerah Kedawung berasa sangat lama, angkot yang kunaiki berjalan lambat, mencari penumpang. Oh iya, sebagai anak yang berbakti, tak lupa aku pamit dulu ke Ummi-Abi untuk memulai trip-ku kali ini. Tiada trip tanpa pamit, keselamatan ada pada restu dan izin orang tua.

Sesampainya di agen, biasa, ngobrol ngalor-ngidul dengan mas-mas agen yang ada di sana, mulai dari mas tiket sampai mas-mas bagian paket. Mbak Dewi sebagai sosok paling cantik di kantor agen ini udah gak kelihatan, pasti udah pulang, yayalah, lha wong udah jam sepuluhan malem.

Sekitar tengah malam lebih sedikit, tampaklah sosok kubus raksasa berlivery oren nano-nano melaju dari kejauhan, yap itu adalah Pahala Kencana yang akan membawaku melipat jarak Cirebon-Solo malam ini. Cocok dengan hitung-hitunganku di malam sebelumnya, aku dapet All New Legacy.

Langsung masuk ke kabin, dan langsung kecewa, ternyata armadanya punya sekat antara kabin penumpang dan ruang driver, persis seperti armada Bandung-Denpasar via Selatan yang pernah aku naiki. Sekat ini bagiku adalah penghalang untuk menonton pertunjukan pantura selama perjalanan. Rasanya percuma udah request seat depan tapi pandangan tidak bebas. <bersambung>


No comments:

Post a Comment