Kok
rasa-rasanya aku kangen naik bis ya? Kok kayaknya aku pengen ngetrip ya? Wah,
harus dilampiaskan nih daripada ntar malah jadi jerawat, haha. Tapi, mau ke
mana? Mau nyobain armada apa? Kapan?
Buka
laptop, kemudian searching-searching rute yang rasanya oke buat trip kali ini,
dengan waktu yang hanya Sabtu-Minggu saja, cukup dua hari tanpa harus mengambil
cuti. Apa nggak capek nantinya? Yampun, traveler kok mikirin capek, lagian toh
juga udah biasa, hehe.
Akhirnya
setelah buka blog sana-sini, kuputuskan untuk mengambil rute Cirebon-Kuningan-Bandung-Solo-Wonogiri-Solo-Jogjakarta-Cirebon.
Rute yang cukup rumit namun pasti banyak hal baru yang bakal bisa dinikmati di
trip kali ini.
Plan-nya
adalah berangkat Sabtu pagi dari Cirebon menuju Kuningan pake Elf, disambung
dengan berangkat menuju Bandung nyobain armada baru Damri. Malamnya, dari
Bandung ke Solo bisa nyobain Budiman atau Rajawali, nyampe di Solo pagi
harinya. Nah, dari Solo ke Wonogiri dan sebaliknya pengen nyobain railbus
Batara Kresna, dari Solo ke Jogja bisa nyobain armada surabayaan semisal Sumber
group atau Mira/Eka. Nah sore harinya dari Jogja Balik ke Cirebonnya bisa
nyicipin Rosalia Indah. Ajib, ini pasti bakal jadi perjalanan yang super seru,
banyak armada yang bisa dicoba perdana di trip kali ini. Bus Trip, tanpa harus
main dan mampir ke mana-mana di tiap kotanya.Kuputuskan waktunya adalah
Sabtu-Minggu di tanggal 9-10 April ini.
Masih
ada beberapa hari untuk mempersiapkan ini semua. Aku hubungi Nanda, teman gila
yang sekarang berstatus sebagai penduduk sementara Solo. Kutanyakan maksimal
waktu tempuh untuk jarak Solo-Jogjakarta dengan bis, karena aku butuh
hitung-hitungan yang pas tentang waktu tempuh dari satu kota ke kota yang
lainnya, setelah sebelumnya aku ceritakan tentang plan tripku kali ini ke dia.
[Nanda],
[Reza]
Bukan
jawaban yang aku dapatkan, malah sebuah ancaman (tuh kan beneran gila, hehe), “Kowe
nang Solo ora nginep nggenanku? Awas ae ngko.” (Kamu mau ke Solo tapi gak
pake nginep di tempatku? Awas aja ntar), begitulah nada ancaman yang Nanda
lontarkan. Beuuh, plan udah matang gak ada acara nginep-nginepan, ini malah
dipaksa harus nginep, tapi seru juga sih kayaknya. “Oke Nda, tak
pikir-pikir disik ae ya, sekalian ngko ning ndi-ning ndi’ne.” (Oke Nda, aku
pikir-pikir dulu yah, sama sekalian ntar mau ke mana-ke mananya), jawabku.
Kalau
pake acara nginep, pasti gak akan cukup ini kalau cuman ngandelin Sabtu-Minggu,
mau ngambil cuti kok ya sayang jatah cutinya. Hehe. Oke, plan harus berubah,
berikut juga dengan rutenya. Kususun ulang plan tripku kali ini, kembali
berkutat dengan Google mencari referensi yang bisa jadi panduan untuk
perjalanan singkat ini, karena singkat maka wajib berkesan.
Kudapatkan
plan awal sebagai berikut, disebut plan awal karena nantinya harus aku
diskusikan ulang dengan Nanda sebagai tuan rumah, bisa atau enggaknya. Rutenya
adalah Cirebon-Solo-Wonogiri-Solo-Jogjakarta-Prambanan-Cirebon. Yah, tripnya
menjadi lebih ringkas, harus mengorbankan Damri Kuningan dan juga Rajawali atau
Budiman Bandung tentunya karena harus berangkat di Jum’at malam. Plan-nya
adalah berangkat Jum’at malam dari Cirebon menuju Solo dengan Pahala Kencana.
Sabtu paginya dari Solo menuju Wonogiri tetap nyobain railbus untuk
bolak-baliknya. Minggunya, dari Solo ke Jogja tetap dengan armada surabayaan,
nanti dari terminal Giwangan Jogja bisa main ke Candi Prambanan sekalian
nyobain Trans Jogja, dari Prambanan bisa langsung cus Cirebon dengan armada Pak
Haji, PO. Haryanto.
Jauh
lebih simpel karena harus benar-benar mengatur waktu, kusampaikan konfirmasi ke
Nanda kalau aku fix jadi nginep di tempat kost-nya, sekalian dengan plan dan
rute yang nantinya akan dijalani. Nanda menjanjikan dirinya untuk menjadi
seorang tour guide yang baik buat aku selama trip ini nantinya (padahal
kenyataannya lihat saja entar, haha).
Masih
ada cukup hari untuk mulai hunting tiket dan googling ke mana-ke mananya. Tiket
Pahala Kencana rute Cirebon-Solo dengan mudahnya berhasil aku amankan, seat 1D,
Alhamdulillah hotseat masih ada. Langsung telepon agen Haryanto di Prambanan
untuk cari tiket Prambanan-Cirebon, yes dapet hotseat lagi, kali ini di 1B.
Mantap, pulang-pergi bisa nonton pertunjukan selap-selip pantura ini nantinya.
Sedangkan untuk tiket railbus Batara Kresna nggak bisa dibeli dengan cara
dipesan, karena tiketnya hanya bisa Go Show, dibeli di hari-H. Oke, persiapan
udah kelar, tinggal nunggu hari keberangkatan.
---
Rabu,
11/04/2016, H-2 keberangkatan.
Aku
mulai berhitung tentang armada Pahala Kencana yang nanti akan membawaku
menaklukkan jarak Cirebon-Solo. Armada apa yang kira-kira bakal aku dapetin
ntar. Akan aku coba tungguin malam ini. Kalau sesuai dengan hitung-hitungan,
maka armada yang malam ini dipakai nge-line ke Solo, adalah armada yang
nantinya akan dipakai di hari Jum’at. Hitung-hitungannya adalah Rabu arah
Timur, Kamisnya arah Barat, maka Jum’atnya adalah arah Timur lagi.
Sejak
jam setengah delapanan aku udah “njagong” di warung angkringan Mas Jo
dekat kantor, pinggir jalan pantura. Pahala Kencana Bandung arah ke Timur selalu
lewat di jalur ini sebelum masuk ke gerbang tol Plumbon. Ngobrol ngalor-ngidul
dengan Mas Jo dan beberapa konsumennya yang bergantian keluar masuk
menikmati hidangan sederhana khas angkringan.
Tak
terasa, saking asyiknya ngobrol, jam udah sampai di pukul sebelas malem, wah
bentar lagi PK dateng nih, karena sesuai dengan jadwal, PK Bandung-Solo sampai
di agen Cirebon sekitar jam 23.30. Benar saja, jam sebelas lewat beberapa
menit, melajulah dua armada PK dari arah Bandung menuju Timur dengan cepatnya. Ini
pasti armada Solo dan Jogjakarta yang memang jam keberangkatannya bersamaan
dari Bandung sana. Keduanya adalah saudara kembar, berbaju All New Legacy
garapan karoseri Laksana. Entah dengan mesin apa, tebakanku salah satunya pasti
menggunakan Hino RG karena kudengar raungan knalpot yang begitu kencang, entah
dari armada yang mana. Oke kalau tidak ada rolling atau jadwal perpal, pasti
armada ini nanti yang akan aku tunggangi menuju Solo.
---
Sambil
menunggu hari-H aku sering diskusi sambil ngobrol-ngobrol dengan Nanda untuk
plan ke mana-ke mananya selama di Solo nantinya via WhatsApp, berikut adalah
cuplikan-cuplikan obrolan bodoh kita.
“Nda,
aku kiro-kiro tekan Tirtonadi jam 5 utowo 6 isuk.” (Nda, kira-kira aku ntar
nyampe Tirtonadi jam 5 atau 6 pagi).
“Yo,
ngko telp aku wae, nek aku rung tangi, entenono sik ning terminal karo dolanan
gitar.” (Ya, ntar telp aku aja, kalau aku belom bangun, tungguin aja di
terminal sambil mainan gitar).
***
“Wis
budal Bro?” (Udah berangkat Bro?).
“Ngko
jam 11, saiki sik setriko.” (Ntar jam 11, sekarang masih nyetrika).
“Yo
ngunu setriko’o kabeh sik, aku gak nduwe setrikoan soale.” (Ya gitu setrika
aja dulu semuanya, aku gak punya setrikaan soalnya).
***
“Kosanmu
wis mbok saponi durung?” (Kosanmu udah kamu sapu-sapuin belom?).
“Halah
ben ngunu wae Bro, wong sing teko yo gur awakmu ae lho, kecuali nek awakmu teko
nggowo cewek loro gae aku kabeh lagi tak saponi kosanku.” (Halah biar gitu
aja Bro, orang yang dateng juga cuman kamu doang ini, kecuali kalau kamu datengnya
bawa cewek dua buat aku semua gitu baru aku sapu-sapuin kosanku).
“Hahahaaha.”
“Ojo
sambat yo, kosanku pemukiman kumuh.” (Jangan ngeluh ya ntar, kosanku
pemukiman kumuh).
***
“Nda,
aku ra nggowo kampes karo sikat gigi, ngabot-ngaboti tas, nyilih awakmu ae yo.”
(Nda, aku gak bawa celana dalam sama sikat gigi, bikin berat tas aja, ntar
pinjem punyamu aja yah).
“Siyyyal,,
tukuo ning bis biasae ono pedagang melbu, 10ewu entuk telu.” (Sial,, beli
di bis aja loh, biasanya ada pedagang masuk jualan, 10ribu dapet tiga).
“Eh
tapi lek kampes ra cukup sih lek nyilih awakmu, wekku luwih gedhi.” (Eh
tapi kalo celana dalam kayaknya gakan cukup deh kalo pinjem kamu, punyaku kan
lebih gede”.
“Iyo
lah tekmu kan merk mammypoko, lek aku gt-man, pantes gedean awakmu.”
(Iyalah punyamu kan merk mammypoko, kalau punyaku kan merk gt-man, pantes aja
besaran punya kamu).
“Gt-man
ra enak Nda, enak crocodile, untune nyokot-nyokot yopo ngunu, hahaha.”
(Gt-man gak enak, Nda, masih lebih enak merk crocodile, gigi buayanya
nggigit-nggigit gimana gitu, hahaha).
“Waduh-waduh
gawat iki, sik tak golek triplek disik gawe sekat kamar kosku.”
(Waduh-waduh bisa gawat ini, aku mau cari triplek dulu buat sekat kamar kos kalo
gitu).
“Hahaha.”
***
Yah
begitulah beberapa cuplikan obrolan bodoh kami via WhatsApp. Btw, mumpung belum
terlalu jauh, aku akan coba kenalin sosok Nanda, paling gak, ada bayangan
tentang dia, Hahaha.
Nanda,
sosok misterius kelahiran Tuban 29 Januari 1990 ini punya nama panjang (sumpah
gak bohong beneran panjang) Ananda Heru Eko Pambudi, biasa dipanggil AHEP untuk
menyingkat kerja pita suara, tapi gak sedikit juga yang manggil dia Kampes. Oh
iya, masalah panggilan nama, Nanda sering manggil aku dengan panggilan Bro,
percayalah itu bukan berarti panggilan keakraban seperti bro-bro pada umumnya,
tapi itu lebih ke Brodin, trust me, hehe.
Aku
kenal Nanda udah dari 11 tahun yang lalu, dari tahun 2005. Aku dan dia satu
kost, tapi syukurnya gak sekamar, padahal kayaknya dia pengen banget sekamar,
hahaha. Kami kost di sebuah rumah tanpa ibu kost, jadi berasa kayak kontrakan
gitu, kosan kami dijuluki sebagai Markas Buyan karena rumah kost kami ada di
jalan Danau Buyan, disebut markas karena sering banyak anak ngumpul di kosan
kami, juga karena sebagai tempat nginep buat mereka-mereka yang kost nya udah
keburu dikunci karena pulang kemaleman.
Bakat
kocak Nanda sepertinya diturunkan dari sang Ayah, hehe, maaf Om. Aku pernah loh
melibas jarak Malang-Surabaya bareng Nanda pake ambulance yang disetirin sama
Ayahnya, untuk mengejar waktu yang mepet mau praktek kerja industri. Seru,
berasa lagi balapan di sirkuit, hehe. Banyak hal-hal lucu yang diperbuat Nanda
selama tiga tahun bareng di kosan Malang. Ini perlu diceritakan gak yah?
Hahaha.
Nanda,
selain kocak, anak ini juga rame. Gampang diajak bercanda lah pokoknya. Tiga
tahun serumah bareng Nanda bikin kita udah deket banget, gimana gak deket, wong
siang malem bareng terus. Beli makan malem bareng, ntar kalo hari minggu, beli
sarapan nasi pecel bareng, kalo pas lagi puasa, kita cari buka juga bareng,
bahkan pernah pas sahur bareng pulangnya dikejer-kejer anjing juga pernah,
hahaha. Oh iya, pas di kosan dulu, Nanda adalah penemu alat untuk memindahkan
channel televise selain remote, pake gagang sapu, praktis katanya bisa sambil
tiduran, karena waktu itu tv di kosan memang gak ada remote-nya. Dia berhak
mendapatkan tanda jasa atas penemuannya ini. Hahaha.
Masalah
cewek? Beuh jangan ditanya, udah banyak korbannya, korban dari khayalannya
maksudnya, hahaha. Tapi tanya aja, pasti yang paling berkesan adalah si Kwecew,
Hahaha, ampun Nda. Bahkan gak cuman cewek, adik kosan cowok juga pernah jadi
korbannya, sebut saja salah satunya berinisial Bekti, hahaha. Ngaku po ra,
Nda?
Tapi,
terlepas dari itu semua, Nanda adalah partner in crime yang begitu
menyenangkan. Enak buat cerita-cerita walaupun kesannya cuek orangnya, kalau
ada masalah terus curhat ke dia, rasanya beban hidup jadi lebih berat, loh??
Haha. Trip kali ini bakal jadi trip kedua yang pernah aku jalani bareng Nanda,
trip pertama adalah pas waktu ke Gunung Bromo, boncengan pake motor, delapan
tahun yang lalu.
Udah
ah, kira-kira gitu gambaran tentang Nanda, ini kalau diterus-terusin pasti aku
bakal dicoret dari daftar penerima warisan Ayahnya ntar. Loh, kok? Hahaha.
---
Jum’at,
08/04/2016, 21:30
Daripada
bosen nunggu di kantor atau di kosan, mending berangkat aja lah ke agen Pahala
Kencana, pikirku. Jam keberangkatan menuju Solo masih sekitar dua jam lagi
kalau sesuai dengan waktu yang tertulis di tiket. Perjalanan dari kantor menuju
agen PK di daerah Kedawung berasa sangat lama, angkot yang kunaiki berjalan
lambat, mencari penumpang. Oh iya, sebagai anak yang berbakti, tak lupa aku
pamit dulu ke Ummi-Abi untuk memulai trip-ku kali ini. Tiada trip tanpa pamit,
keselamatan ada pada restu dan izin orang tua.
Sesampainya
di agen, biasa, ngobrol ngalor-ngidul dengan mas-mas agen yang ada di sana,
mulai dari mas tiket sampai mas-mas bagian paket. Mbak Dewi sebagai sosok
paling cantik di kantor agen ini udah gak kelihatan, pasti udah pulang,
yayalah, lha wong udah jam sepuluhan malem.
Sekitar
tengah malam lebih sedikit, tampaklah sosok kubus raksasa berlivery oren
nano-nano melaju dari kejauhan, yap itu adalah Pahala Kencana yang akan
membawaku melipat jarak Cirebon-Solo malam ini. Cocok dengan hitung-hitunganku
di malam sebelumnya, aku dapet All New Legacy.
Langsung
masuk ke kabin, dan langsung kecewa, ternyata armadanya punya sekat antara
kabin penumpang dan ruang driver, persis seperti armada Bandung-Denpasar via
Selatan yang pernah aku naiki. Sekat ini bagiku adalah penghalang untuk
menonton pertunjukan pantura selama perjalanan. Rasanya percuma udah request
seat depan tapi pandangan tidak bebas. <bersambung>
No comments:
Post a Comment