Friday, January 11, 2013

24 tahun...


2013 itu beberapa temanku sudah menjadi sarjana.
2013 itu sejumlah kawanku memulai untuk mengambil pasca sarjana.
2013 itu beberapa karibku sudah berlayar overseas.
2013 itu aku sudah berusia dua puluh empat tahun.
2013 itu aku … … …

24 tahun itu mendekati seperempat abad.
24 tahun itu usia Nabi Muhammad, ketika berkarir dengan bisnis niaganya.
24 tahun itu usia Nabi Muhammad, sudah keluar negeri dengan kesuksesan karirnya.
24 tahun itu aku … … …

Di awal Januari 2013 ini, usiaku tepat di angka 24. Lembaran hidup yang kedua puluh empat. Yang berarti jatah hidupku di dunia ini tinggallah n-24.

Masih seakan tidak percaya saat beberapa teman mengucapkan ucapan selamat, aku tidak percaya bahwa usiaku kini sudah mencapai 24 tahun. Usia yang mendekati angka seperempat abad. Sepertinya waktu berjalan sangat cepat tanpa disadari. Entah waktu yang berjalan sangat cepat, atau diri ini yang berpikir sangat lambat.

Peduli atau tidak, aku harus mulai bangun, terjaga dari mimpi dan lamunan. Sampai kapan aku harus membiarkan hari-hari berlalu begitu saja tanpa hal-hal berarti? Tanpa pencapaian yang tinggi? Sedangkan usiaku kini sudah 24. Dua puluh empat. Sudah bukan saatnya lagi bermimpi, berangan-angan. Dua puluh empat adalah angka untuk mulai merealisasikan apa yang selama ini dimimpikan, diangankan. Bangunlah dari mimpimu, dan mulailah untuk mewujudkannya.

Apa yang sebenarnya kamu impikan?

Aku yakin mimpiku tidaklah sebesar impian kalian. Tidak setinggi yang kalian dengung-dengungkan. Mimpiku hanyalah sebuah mimpi kecil yang sederhana. Mimpi untuk hidup bahagia. Aku ingin hidup bahagia, tidak hanya aku, tapi aku dan orang-orang di sekitarku, keluargaku. Ya, suatu saat nanti, aku ingin melihat keluargaku bahagia dengan kebahagiaanku.

Beribu harapan mengiringi langkah awalku di dua puluh empat ini. Paling tidak, angka dua puluh empat adalah awal titik balik dari kehidupan seorang Reza.

New year, new age, new life, new hope.


Dua puluh empat tahun, ya robbanaa
Hamba di dunia, ya robbanaa
Hamba banyak dosa, ya robbanaa
Hamba mohon ampun.
(ebiet beat a – 24 tahun)

No comments:

Post a Comment